• Have any questions?
  • (031) 3524534
  • tk@ybbs-surabaya.id
MENGATASI KEBOSANAN SI KECIL SAAT PANDEMI COVID-19
Gambar MENGATASI  KEBOSANAN SI KECIL SAAT PANDEMI COVID-19

Mengatasi kebosanan si kecil saat pandemi covid-19

 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung perkembangan anak,           salah satunya dengan memberikan stimulasi lewat permainan yang tepat. Dunia anak adalah bermain. Tak hanya dari pelajaran tertulis, si kecil juga bisa menemukan keterampilan dan pembelajaran baru lewat bermain. Ketika bermain, anak akan menciptakan sebuah imajinasi yang akan mereka percayai, anak perlu waktu untuk melepaskan semangat dan menikmati permainan untuk meningkatkan perilaku mereka secara keseluruhan. Meski begitu, saat anak sudah memasuki usia sekolah, beberapa orang tua menganggap bermain bisa berdampak buruk bagi si kecil. Bermain tampaknya dinilai sebagai suatu kegiatan yang tidak produktif dan berpengaruh pada prestasi anak di sekolah. Padahal dengan permainan yang tepat, orang tua seharusnya tak perlu cemas, karena hal itu bisa menunjang perkembangannya.

Berada di rumah aja adalah cara sederhana yang bisa orang tua dan anak lakukan untuk mencegah penularan virus corona. Meski begitu, terlalu lama berada di rumah mungkin bisa membuat anak bosan. Sebab, si kecil tidak bisa bebas ke luar rumah dan bermain dengan teman-teman sebayanya seperti biasa.

Selama di rumah aja, Bunda bisa menjadi teman bermainnya dan melakukan berbagai kegiatan seru di rumah bersama si kecil.

Berikut ini adalah beberapa permainan yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil selama di rumah aja.

 

  • Membuat origami/kertas lipat

 

Membuat origami atau seni melipat kertas ada banyak manfaatnya. Bunda selain melatih motorik anak, origami juga bisa membantu si kecil mengenal bentuk dan warna.

  • Berburu harta karun             

 

Bermain dengan mencari harta karun tidak harus dilakukan di luar rumah. Ya, rumah bisa jadi tempat menyenangkan untuk mencari petunjuk dan menemukan hadiah harta karun.

Berilah petunjuk yang kreatif agar semakin seru saat si kecil mencari harta karun. Hadiah dari harta karun tersebut tidak perlu mahal-mahal. Orang tua bisa memberikan camilan favorit atau makanan kesukaannya.

 

  • Menari sambil menyanyi      

              

Walaupun di rumah, tubuh anak harus tetap aktif bergerak agar tetap sehat. Karena itu, aktivitas fisik seperti menari bisa jadi pilihan.

Agar makin menarik, iringilah tarian dengan lagu anak-anak favorit si kecil. Anda dan keluarga bisa menyanyi bersama dan anak pun bisa aktif bergerak dengan ceria.

Selain menghilangkan kejenuhan, bermain bersama juga bisa meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak.

 

Ternyata banyak manfaat yang didapatkan anak ketika ia mempunyai waktu yang cukup dalam bermain. Misalnya melatih kemampuan fisik,mematangkan emosi dan mengasah keterampilan sosial, memperlancar komunikasi. Selain itu, bermain juga dapat mempererat interaksi dan hubungan antara anak dengan orang tua sehingga tercipta lingkungan keluarga yang sehat dan harmonis.

 

 

Dikutip dari : https://kumparan.com/kumparanmom/paddlepopmainyuk-ide-bermain-kreatif-agar-anak-tidak-bosan-selama-dirumah-aja